Mengapa Nestle gagal di Afrika ??
Nestle
adalah salah satu
perusahaan besar dan berkelas internasional yang berkantor pusat di Switzerland
dan pada tahun 1866 yang lebih dari 100 tahun yang lalu yang pada saat ini juga
telah dikenal perusahaan yang bergerak dalam industri formula bayi. Nestle pada
tahun 1974-an mulai memasuki dan memasarkan produk formula bayinya di dunia
ketiga seperti negara-negara di afrika selatan, pedalaman meksiko, dan philipina
Pada
umumnya pemasaran internasional dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah
go publik di negaranya sehingga melakukan peningkatan market share salah
satunya mengambil segmen lebih luas dan memasarkan produknya ke seluruh dunia.
Perusahaan-perusahaan ini telah membuktikan eksistensinya secara berkala dan
jangka panjang sehingga merasa mampu untuk melakukan pemasaran produknya ke
berbagai kalangan konsumen yang berbeda budaya serta perilakunya yaitu go
internasional
Strategi
pemasaran global juga harus mempelajari perbedaan budaya sebelum perencanaan
strategi iklannya. Iklan harus direncanakan sedemikian rupa sehingga menarik
bagi pelanggan di pasar internasional. Beberapa budaya menunjukkan sikap
terbuka terhadap iklan, sementara yang lain mungkin tidak memiliki sikap
seperti itu terbuka dan mungkin tidak ingin menjadi sasaran langsung.
Iklan-iklan harus dibuat setelah penelitian yang cermat dari pasar
internasional dan selalu dengan menjaga pengawasan yang ketat pada perbedaan
budaya
Perbedaan budaya ada karena
berbagai alasan. Tiga alasan dasar dari perbedaan budaya-
1) Orang-orang dari budaya yang
berbeda melihat hal-hal dengan cara yang berbeda.
2) Orang-orang dari budaya yang
berbeda memiliki cita-cita dan ideologi yang berbeda
3) Orang-orang dari budaya yang
berbeda memiliki selera yang berbeda, sikap, gaya hidup, adat istiadat dan
ritual
Satu
lagi alasan penting di balik perbedaan budaya yang jarang disebutkan, tetapi
tidak dapat diabaikan, adalah faktor ras dan agama. Ras dan agama adalah dua
pilar dari perbedaan budaya, mungkin mereka tidak terlihat jelas di bidang
pemasaran, tetapi intervensi yang kuat dari ras dan agama dalam membangun
perbedaan budaya tidak bisa dipungkiri. Agar berhasil dalam pemasaran sangat
penting untuk memahami dasar-dasar perbedaan-perbedaan budaya
Strategi
pemasaran yang baik global adalah suatu keharusan untuk berhasil di dunia
bisnis internasional. Strategi pemasaran global harus direncanakan untuk menyesuaikan
berbagai jenis budaya. Sangat penting untuk mengingat pentingnya budaya lokal
dan nasional, pada saat yang sama orang tidak boleh mengabaikan budaya bisnis,
budaya sosial dan budaya politik. Sebuah strategi pemasaran yang sukses adalah
salah satu yang selalu menghubungkan seluruh budaya ini, dan tidak pernah
mengabaikan faktor -faktor
yang mempengaruhi perbedaan
budaya. Sebuah strategi pemasaran yang lemah adalah salah satunya dengan
mengabaikan perbedaan budaya, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan runtuhnya
bisnis global. Salah satu contoh dari strategi pemasaran global yang salah dan
mempengaruhi citra sebuah perusahaan internasional adalah Nestlé di Afrika. Nestle bangga dengan
produk nya yang dapat dikatakan nyaris sempurna , tetapi perusahaan gagal untuk
mempertimbangkan perbedaan budaya sebelum perencanaan strategi pemasaran, ini
menghasilkan respon negatif karena susu bubuk produksi Nestle dipandang dan
dikritik sebagai penyebab tambahan kekurangan gizi pada bayi Afrika. Nestle
gagal untuk merencanakan strategi pemasaran dengan mengingat perbedaan budaya,
hal itu tidak mempertimbangkan tingkat buta huruf di Afrika, maupun kemungkinan
penggunaan yang kurang tepat mengenai susu
bubuk di Afrika, sehingga memunculkan
kritik dan menuai kegagalan di Afrika .
Lebih lanjut lagi , Nestle
mendapat kecaman dari berbagai pihak yang berkepentingan seperti ibu-ibu bayi,
organisasi kesehatan lokal negara, dan pemerintah lokal karena produk susu
bayinya diindikasikan telah terkontaminasi dan malnutrisi untuk bayi yang
mengakibatkan kematian pada bayi. Susu bubuk yang beredar di negara mereka yang
diproduksi oleh Nestle dianggap merupakan hasil produksi untuk percobaan
penggunaan pemakaian pada bayi guna menemukan solusi terbaik dan evaluasi untuk
produk-produk baru selanjutnya. Banyak pendapat khususnya di Negara- negara Afrika
ini mengatakan Nestle membunuh bayi generasi muda mereka dan Nestle tidak
mempunyai etika dan berperilaku tidak bermoral .
Hal inilah yang dilupakan oleh Nestle mengenai
persepsi masyarakat Afrika . Kesalahan dan kelalaian
persepsi dalam pemakaian produk formula bayi khususnya susu bubuk oleh personal
atau pemakainya merupakan salah satu faktor penyebab bisa terjadinya kematian
pada bayi usia 1 – 2 tahun, karena dapat terjadi kontaminasi buatan serta kurangnya
pengetahuan mendasar pentingnya air susu ibu. Dimana ibu-ibu di Negara Afrika ini menganggap
bahwa susu bubuk formula dapat membuat bayi terlihat lebih tumbuh dan bersinar
adalah kurang tepat menurut Nestle. Dikatakan oleh Nestle bahwa air susu ibu
tetaplah yang utama dan tidak dapat tergantikan oleh susu bubuk formula apapun .
Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
BalasHapushingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009
Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
BalasHapuspinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly
informasi yang menarik sekali. Makasih ya..
BalasHapusterimakasih infoermasinya sangat membantu....
BalasHapus