Langsung ke konten utama

Serba-Serbi Mengenai Perekonomian Israel

Bahasan Mengenai Perekonomian Israel




Israel adalah sebuah Negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut tengah , Lebanon , suriah ,yordania ,mesir dan gurun pasir Sinai .Selain itu dikelilingi pula dua daerah otoritas palestina ,Jalur Gaza dan Tepi barat . Dengan populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara etnis yahudi di dunia.
Israel dianggap sebagai salah satu negara termaju di Asia Barat Daya dalam hal pembangunan ekonomi dan industri. Negara ini menduduki peringkat nomor 3 di kawasan tersebut menurut Bank Dunia  .


Israel sendiri saat ini memiliki peringkat PDB ( Produk Domestik Bruto ) ke-44 dan pendapatan per kapita penduduknya ke-22 di dunia . Tentu saja hal ini sangat luar biasa bagi sebuah negara yang memiliki sumber daya alam yang terbatas dan bahkan tanah Israel mereka pun dahulu tidak sebesar saat ini , yakni hanya pemberian dari kerajaan Inggris dan dari kebijakan resolusi PBB pada 11 Mei 1949 .
dibalik semua itu , yang jadi pertanyaan adalah bagaimana Israel sekarang bisa menjadi Negara yang disegani di mata internasional ?? sampai-sampai saya sempat melihat di suatu artikel yang menyebutkan bahwa 75% Perekonomian dunia saat ini dipegang oleh orang yahudi.
Tentu saja salah satu sumber pendapatan yang mengkatrol perekonomian Israel adalah “Uang Jajan” yang diberikan oleh Amerika kepada Israel yang sangat lunak . Kenapa saya menyebutnya “Uang Jajan “ ?? Coba kita lihat fakta menarik dari yang dikutip dari sumber Wikipedia “Sejak tahun 1970-an, Israel telah menerima bantuan ekonomi dari Amerika Serikat, dan pinjaman dari Amerika Serikat tersebut menduduki proporsi hutang luar negeri Israel yang cukup besar. Pada tahun 2007, Amerika Serikat menyetujui bantuan sebesar AS$30 miliar kepada Israel untuk sepuluh tahun ke depan”
Wahh itu artinya sejak Israel mulai beranjak “dewasa” mereka terus menerus diberikan “uang jajan” oleh Amarika . Mungkin disitu disebutkan berupa PINJAMAN, namun apakah ada yang mengetahui pinjaman itu dikembalikan atau tidak ? atau hanya memang berupa “uang jajan” yang diberikan oleh Amerika ? yang bahkan dari sumber disebutkan pada tahun 2007 , Amerika menyetujui bantuan bagi Israel sebesar 30 miliar $USD selama 10 TAHUN kedepan ..Wow


Okee sekarang masuk ke bagian rahasia perekonomian Israel yang sebenarnya . Sekilas memang bantuan dari Amerika ini lah yang membuat mereka maju , namun sebenarnya ada fakta lain yang membuat bagaimana perekonomian Israel ini memiliki sustainability yang sangat bagus karena mereka memiliki system fundamental yang sangat kuat .
Fakta yang pertama adalah Israel memiliki angka tertinggi dalam investasi Penelitian dan Pengembangan per GDP di dunia. Sangat berkomitmen pada pertumbuhan kewirausahaan dan inovasi, 23 inkubator hitech mendukung perusahaan-perusahaan baru dengan 200 proyek aktif dan 735 proyek yang terselesaikan dalam waktu 10 tahun terakhir . Kesimpulannya Israel adalah Bangsa yang berkomitmen terhadap kemajuan negaranya untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari .

Fakta yang kedua adalah Menjadi salah satu Negara dengan tenaga kerja yang sangat berpendidikan, sehingga banyak  inovasi-inovasi baru yang menguntungkan hadir di Israel. Isreal memiliki rasio tertinggi di seluruh dunia untuk jumlah insinyur dalam angkatan tenaga kerjanya dan rasio teritinggi di dunia untuk lulusan universitas dan publikasi akademik per tahun. Artinya memang benar bahwa rata2 orang Israel ini memilik tingkat intelegensi diatas rata2 manusia di bumi . Dengan kelebihan itu mereka mampu mengkombinasikan keunggulan dalan keterampilan problem solving dan kreatifitas yang luar biasa, semisalnya banyak dari hasil karya inovasi terbaik Israel diaplikasikan di Angkatan Pertahanan Israel. Para lulusan dari Angkatan Pertahanan Israel yang berpendidikan tinggi mampu mengubah teknologi di Angkatan Pertahanan Israel menjadi barang-barang umum yang bisa dipasarkan dan dipergunakan masyarakat sipil. 
  
Fakta Ketiga adalah kemampuan adaptability orang Israel yang sangat luarbiasa . Mereka  mengerti bahasa anda, mengerti budaya bisnis anda. Orang-orang Israel berbicara bahasa Inggris dan beberapa bahasa dunia lainnya. Hal itu jelas menguntungkan bagi mereka , karena dapat dengan mudah menyerap kelebihan2 yang dimiliki oleh budaya lain untuk di akulturasikan menjadi budaya mereka.Masuknya puluhan ribu orang-orang yang berpendidikan tiap tahun, para imigran yang sangat ambisius, mempermudah jembatan komunikasi ini. 

Fakta keempat adalah Kesuksesan dari Israel membuat pencitraan ekonomi yang bagus di mata internasional , semacam perusahaan World Class mereka seperti CheckPoint, Teva Pharmaceuticals, Comverse, ECI Telecom, Keter Plastic, Iscar, Netafim . Yang membuat investor – investor asing melihat Israel sebagai Tanah yang menjanjikan bagi perkembangan perekonomian di masa depan . seperti dikutip oleh CEO NASDAQ “ Di dunia ini , Israellah yang memiliki perusahaan-perusahaan hi-tech dengan konsentrasi yang paling tinggi, selain di Silicon Valley” .Hal itu menunjukan bahwa agen-agen penilaian internasional dengan konsisten menetapkan penilaian yang tinggi terhadap Israel dan mempertegas keyakinan mereka terhadap perekonomian Israel.
Semua hal diatas itu juga didukung oleh Kebijakan-kebijakan pemerintah Israel dalam komitmen nya untuk menarik para investor asing untuk menanamkan modalnya , diantaranya :  
> mengimplementasi kebijakan liberalisasi mata uang asing yang memudahkan dan menguntungkan pihak Israel maupun luar negeri 
mengurangi bea cukai
> reformasi undang-undang pajak untuk mengurangi pajak pekerja, pajak pendapatan perkapita dan pajak umum; dan menciptakan insentif untuk para penanam modal di sector hi-tech.
> privatisasi perusahaan –perusahaan Negara untuk mendukung pertumbuhan sector swasta dan meningkatkan daya saing.( Sumber : infoipc@moital.gov.il )     
Dengan adanya sinergi antara potensi yang dimiliki dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah Israel menimbulkan sustainability yang bagus bagi perekonomian Israel untuk menarik  para investor asing untuk menanamkan modal nya di Israel , membuat hampir seluruh potensi ekonomi Israel dimanfaatkan dengan maksimal . Hal itu juga menyimpulkan bahwa Israel merupakan lahan yang sangat menjanjikan untuk berinvestasi disana .
Nah ,mungkin cukup sekian tulisan dari saya mengenai perekonomian Israel ini .Saya menulis ini bukan berarti saya pro Israel atau pro Zionist , namun setidaknya kita perlu belajar dari mereka dalam hal memajukan perekonomian .Ingat !! Negara yang mempunyai pencitraan perekonomian yang kuat di dunia akan selalu disegani oleh siapapun . Coba saja kita lihat bagaimana Negara seperti Irak , Suriah , Afganistan ,dan yang terbaru Libya yang tidak memiliki pencitraan yang baik di mata dunia , bisa dengan mudak di “invasi” oleh negara2 luar , khususnya NATO . Tapi bagaimana dengan Israel ? , padahal jelas2 mereka sudah membombardir Gaza tanpa ampun , merebut tanah Palestine ? tetapi hingga detik ini tidak ada yang berani sedikitpun untuk menyentuh Israel .Ah jangan kan untuk menginvasi mereka , memberi sanksi pun PBB tidak berani , iya kan ? ..



Semoga Bermanfaat dan bisa menjadikan bahan pelajaran untuk generasi muda Indonesia bagaimana mengelola Perekonomian di masa depan

Wassalam wr.wb



Komentar

  1. Keren sekali, memang benar dengan ilmu kunci dunia akhirat itu tercapai. Mereka punya ilmu walau sumber daya alam sangat minim tapi dari sumber daya alam yang minim itu, mereka bisa mengelolanya dan berimbas pada kesejahteraan penduduknya. Semoga negeri ini bisa seperti itu.

    BalasHapus
  2. @yohan

    yup , Israel saja yang sumberdaya alam nya minim sekarang bisa jadi negara maju apalagi Indonesia yang memiliki sumberdaya alam yang melimpah ruah, tinggal bagaimana memanage nya saja , maka dari itu kita perlu belajar dari Israel ini..

    BalasHapus
  3. Tapi sayangnya.., Israel akan tetap Hancur lebur oleh Kaum Muslimin, dan itu PASTI terjadi, karena sdh jelas dinyatakan dlm Al'quranul karim. " hingga suatu masa mereka akan lari ketakutan, dan jika mereka bersembunyi di balik Pohon, maka Phon itu akan berkata bahwa ada Yahudi dibelakangku, dan jika mereka bersembunyi di balik Batu, maka Batu itupun akan berbicara, bahwa ada Yahudi di belakangku " hehe menakjubkan bukan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takdir orang yahudi adalah musnah di hari kiamat, belum lagi di akhirat !!!! Hahahaha "salamu'alaikum"

      Hapus
  4. waah..KLo kita mau maju repot boss
    Baru maju dikit udah di recoki teruzzz....haaaa !!!

    BalasHapus
  5. Israel tidak akan hancur oleh bangsa manapun yang ada di dunia ini. soal muslim, diprediksi akan lebih awal hancur. kita lihat saja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente ngomong kaya gt sama jg menyulut perang neh ma ane

      Hapus
    2. di dunia ini ada yg namanya hukum alam
      dimana dri tindakanya akan ada balasan yg setimpal
      dri tindakan israil yg luar biasa itu pasti ada balasany
      dan sy menunggu balasan itu terjadi moga ajah cepat terjadi
      dan buat kaum palestina yang sabar semua ada ganjaranya semoga orang2 yg gugur di sana bisa masuk surga
      aaminn

      Hapus
  6. jangan sok tau kalo Israel akan hancur sama kaum muslimin, yg ada kaum muslimin akan hancur dan tunduk sama Israel karena Israel adlah negara pilihan TUHAN !

    BalasHapus
  7. BETUUUUULLL BANGET !

    BalasHapus
  8. ATAS GW

    orang yahudi lo ? cepetan mati noh NERAKA dah nungguin lo !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang dunia ngajarin surga dan neraka sama israel, mereka cuma bilang klo gw ga bebal lo gak bakalan selamat

      Hapus
  9. sebagian besar orang islam ga bisa mengambil hikmah. shalat asal shalat, ibadah asal ibadah,. Agama sebagus itu jadi tidak bermakna di tangan mereka. contohnya komentar kasar diatas. wong diajak berdiskusi untuk mempelajari kenapa bangsa lain bisa maju, malah di belok-belokin kemana-mana. Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum kalau kaum itu sendiri tidak mau maju. Harus berbuat sesuatu supaya maju, bukan cuma nunggu takdir yang dijanjikan.

    BalasHapus
  10. KLO RI MAU RENDAH HATI UNTUK BELAJAR AMA ISRAEL, PASTI NEGERI INI AKAN LEBIH MAJU DARI MALAYSIA,SINGAPURE,DLL

    BalasHapus
  11. SALAM DAMAI INDONESIAKU.
    PBB dan negara2 di dunia ini bukannya tak berani menjatuhkan sanksi kepada israel atas penyerangan2 yang dilakukannya di Gaza... Tapi... karena tindakan israel ini adalah tindakan Bela Diri... dan saya yakin 100% bahwa PBB tidak mungkin bisa mengambil keputusan dalam hal ini, karena tidak ada fakta2 yang bisa menyeret Israel ke mahkamah Internasional. Ingat Perang 6 Hari tahun 1967? saat negara2 Arab diluluhlantakkan oleh Israel ? Ingat Perang Yom Kippur ? Karena Drama pengeroyokan atas Israel itulah maka... Negara2 arab menandatangani Perjanjian... dimana Semua negara Arab di bawah Kontrol Israel... dan Arab tidak diperbolehkan membangun kekuatan militer... mirip Jepang lah ya..? juga Perjanjian Oslo yg menyangkut wilayah teritori.
    trus.... Jalur Gaza... karena Gaza diperintah oleh Hamas... maka seYogyanya dan seSolonya Hamas melindungi rakyatnya...mensejahterakan rakyatnya... eh... malah ngeluncurin roket rakitan ke pemukiman Israel... Saya yakin pemerintah manapun jika melihat rakyatnya dibantai oleh kelompok2 tertentu... pasti akan melakukan pembelaan... bahkan angkat senjata... Cangkul, sabit, wajan sampai alat dapur lainnya...
    Trims.... mengenai Perjanjian Arab Israel yg kurang detail, silahkan cari Sendiri.

    BalasHapus
  12. Kalo Amerika menyumbang dana ke Israel ya wajar, bankir-bankirnya juga Yahudi. Israel tidak bakal hancur oleh muslim manapun! Ingat Albert Einstein orang Yahudi, baca Sejarah Bro! Perang 6 hari di tahun 1967 Israel yang menang, Perang Yom Kipur tahun 1973 Israel juga yang menang. Peradaban Israel jauh sudah ada sebelum muhamad&islam lahir abad 6 masehi. ingat juga Bill Gates (Microsoft) dan Steve Jobs (Apple) Yahudi juga Bro.

    BalasHapus
  13. Katanya islam rahmatullah, di Indonesia Suni bantai Shiah dan Ahmadiyah? Isis (Suni) ngebom masjid Shiah? Aliansi Arab Saudi (Suni) untuk Yaman berperang dan membantai suku Houthi Yaman (Shiah), apanya yang damai? sesam muslim saling membantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngawur yang ngadu domba sama yang bikin konspirasi itu amerika sama israel.

      Hapus
  14. Orang Indonesia pada umumnya gak bisa membedakan mana masalah agama , mana yang masalah Negara atau ekonomi semua di campur baukan saja.
    Saya salut penulis diatas di uraikan itukan dengan tujuan agar Bangsa Indonesia belajar bagaiman kita bangkit dan maju bukannya bicara soal agama dasar otak Indomi tidak pernah maju kalau otakmu hanya diisi oleh MASALAH AGAMA terus-menerus dan anda akan hidup dalam dunia khayalan .... ok

    BalasHapus
  15. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    BalasHapus
  16. Perhatian

    Sir / Madam.Mega Tawaran Pinjaman !!!

    Kami menawarkan pinjaman dari jumlah minimum 50.000,00 hingga 20 juta Euro, Dolar & Pound-sterling di REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM. Apakah Anda mencari pinjaman untuk semua jenis tujuan, Pinjaman Bisnis, Kredit Pribadi, Hipotek, Kredit Mobil, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Tanpa Jaminan, Modal risiko, dll.
    Anda berada di tempat yang tepat Solusi pinjaman Anda! Saya adalah pemberi pinjaman pribadi yang meminjamkan Perorangan dan Bisnis dengan tingkat bunga rendah dan tingkat bunga terjangkau 5%.

    * Jika Anda sangat serius seperti saya, kami akan menyelesaikan transaksi ini dengan 7 hari kerja Perbankan sejak tanggal mulai. Kami memiliki Cabang dan Lembaga Kliring di beberapa negara seperti: Cabang Turki, Cabang Inggris, Cabang Amerika Serikat, Cabang Jepang, Cabang Indonesia dan Afrika Selatan dan lainnya,

    CATATAN: Minimum 1 tahun dan maksimum 20 tahun tergantung pada jumlah pinjaman yang Anda butuhkan. Pelanggan harus berusia di atas 35 tahun. Transaksi pinjaman ini adalah
    Jaminan 100% untuk pelanggan serius.
    Email Kontak: rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi baru pengisian BBM

Setelah lama vakum akhirnya ane punya waktu juga untuk mengurus blog..hehehe . Hmmm akhir akhir ini isu yang sedang marak dibicarakan orang adalah mengenai isu kenaikan BBM yang pastinya meresahkan bagi mayoritas rakyat kita. Tapi disamping isu kenaikan BBM tersebut, diam diam PT Pertamina saat ini sedang merencanakan untuk mengaplikasikan teknologo baru pengisian BBM, jadi nantinya kita mengisi BBM akan menggunakan smart card dengan sistem kuota, lebih jelasnya kita baca uraian dibawah yuk..     PT Pertamina menjelaskan tahap penggunaan Sistem Monitoring Pengendalian (SMP) Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi lewat teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Terdapat dua fase untuk melancarkan penetrasi pengendalian BBM subsidi. Fase pertama adalah monitoring untuk seluruh data transaksi baik itu penjualan dan pembelian BBM subsidi dikumpulkan sebagai informasi yang valid, akurat, dan memiliki akutabilitas tinggi. Pada fase ini pengendalian konsumsi BBM subsidi su

Download alamat dan kode KPP Pratama seluruh Indonesia ( Excel ) 2016

     Selamat siang sobat, pernah kah anda dipusingkan saat ingin membuat SPT Masa atau SPT Tahunan namun saudara tidak mengetahui kode KPP dimana lokasi usaha saudara berada ? atau ketika saudara ingin mengirimkan SPT via pos namun saudara tidak mengetahui alamat KPP tersebut ? Saya sendiri sering mengalami hal tersebut mengingat klien saya tersebar di seluruh pulau yang mana cukup membingungkan ketika saya handle cabang dari perusahaan A dimana lokasinya berada di wilayah kerja saya, namun induk dari perusahaan A tersebut berada di luar wilayah saya sehingga otomatis saya tidak memiliki data dimana KPP tempat perusahaan induk ini terdaftar     Disini saya ingin share alamat serta kode KPP Pratama seluruh Indonesia dalam bentuk file excel, yang dapat saudara download melalui link ini Download alamat dan kode KPP Pratama seluruh Indonesia link tersebut akan aktif sampai dengan tanggal 14 April 2016 ( saya hanya punya akun gratisan ) sehingga silahkan kabari saya apabila link dow

Fakta dan Kronologis Kasus Century

Fakta Baru Century 1    Fakta baru Century 2 Fakta baru Century 3      Fakta baru Century 4 Anda tentu masih begitu ingat dengan kasus Bank Century yang mulai terkuak pada 2008. Bergulirnya kasus Bank Century berawal dari berhembusnya kabar dana suntikan negara yang mencapai jumlah fantastis, yaitu 6,7 triliun rupiah. Kabar dana bail out Bank Century yang mencapai angka triliunan itu tentu membuat kuping rakyat memanas. Kasus Bank Century dimulai dengan jatuhnya bank ini akibat penyalahgunaan dana nasabah yang digerakkan oleh pemilik Bank Century beserta keluarganya. Mencuatnya kasus Bank Century menjadi sangat menarik ketika mengetahui kelanjutan jatuhnya bank ini. Tidak salah lagi, respons pemerintah begitu luar biasa hingga bersedia melakukan bail out melalui pengucuran dana triliunan rupiah. Menurut Sri Mulyani, Menteri Keuangan kala itu, bail out dana C