Langsung ke konten utama

Perbandingan Paypal, Alertpay, liberty Reserve



 Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk bertransaksi dengan siapapun dan dimanapun tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu,saat ini mungkin kita sudah terbiasa dengan yang namanya sms banking, mobile banking, atau internet banking.
Selain cara diatas, ada juga cara bertransaksi online secara virtual namun tetap diakui atau sah oleh internasional, berikut bebearapa contohnya :

Paypal
PayPal adalah alat pembayaran online untuk melakukan transaksi jual beli, transfer uang dan lain-lain secara online di internet. PayPal sudah di gunakan sejak lama secara Internasional oleh berbagai perusahaan besar karena sudah teruji keamanannya. Fungsi PayPal sebenarnya sama dengan rekening Bank biasa, tetapi khusus di gunakan untuk transaksi Internasional secara online.
Sejarah Paypal
eBay menggunakan PayPal sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Sebelumnya, eBay telah membeli Billpoint pada bulan Mei 1999 dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh eBay walaupun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan. Pada bulan Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal.
Akhirnya pada tahun 2002, eBay mengakuisisi PayPal seharga US$ 1,5 miliar. eBay belakangan menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal. Banyak pesaing utama PayPal yang akhirnya bangkrut atau dijual, seperti Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada tahun 2005. Pesaing PayPal lain yang masih bertahan hingga sekarang antara lain adalah AlertPay, Liberty Reserve, WebMoney, dan Moneybookers.
Pada kuartal pertama 2006, total transaksi yang dilakukan melalui PayPal mencapai US$ 8 miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun.
Hari ini, PayPal telah menjadi alat pembayaran terbesar di dunia dengan lebih dari 153 juta account. PayPal dapat digunakan di 190 negara dan 17 mata uang yang berbeda di seluruh dunia. PayPal juga mendukung e-commerce global yang memungkinkan transaksi dengan lokasi, mata uang, dan bahasa yang berbeda di seluruh dunia.
Apakah Paypal lebih aman dari alat pembayaran online lain ?
Kebijaksanaan perlindungan tertulis untuk pembeli yang menggunakan Paypal menyatakan pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 60 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang diberitahukan penjual. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnya.
PayPal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain tergantung situasi dan pembuktian, kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim pembeli yang mengaku telah mengirim uang yang tidak ada catatan bukti pembayarannya, setiap pembelian menggunakan Paypal selalu ada catatan bukti pembayarannya di account Paypal pengirim dan penerima uang, sebagai bukti jika benar telah terjadi pengiriman uang. Hal ini menjadi kelebihan utama PayPal dan tidak ada alat pembayaran lain yang mempunyai fasilitas ini.
Cara Kerja PayPal ?
Sebagai broker dalam transaksi online, PayPal mempermudah seseorang dalam melakukan pengiriman uang hanya dengan “email penerima”. Pihak lain tidak dapat melihat informasi kartu kredit atau account bank. Hal ini menjadi kelebihan PayPal dalam menjaga keamanan data pribadi penggunanya.
Yang harus disiapkan ?
Untuk mengirim atau menerima uang melalui PayPal, tidak diperlukan alat yang canggih atau dokumen-dokumen pembayaran lainnya. Yang perlu disiapkan hanya :
  1. email.
  2. dana PayPal baik dari balance, kartu kredit atau account bank.
Berapa Biaya PayPal ?
Tidak ada biaya untuk daftar PayPal dan juga untuk transfer dari Bank Account ke Account PayPal.
Pengguna akan dikenakan biaya yang kecil untuk :
  1. account PayPal Personal, akan dikenakan biaya jika menerima pembayaran melalui kartu kredit.
  2. account Premier atau Business, akan dikenakan biaya setiap menerima pembayaran.

https://www.paypalobjects.com/id_ID/grpB/i/bnr/howPPworks_580x180.jpg
1.      Proses Pertama
  • Pilih PayPal sewaktu check out di toko online di seluruh dunia.
  • Atau, gunakan PayPal untuk mengirim uang dari 190 negara dan wilayah di seluruh dunia
2.      Proses kedua

·         Bayar secara aman dengan saldo PayPal, kartu kredit, atau rekening bank.
·         Penerima akan mendapatkan uang tanpa melihat nomor kartu kredit atau rekening bank Anda.

3.      Proses ketiga
·         Penjual atau penerima dapat menarik dana dari rekening PayPal ke rekening bank atau kartu kredit.
·         Atau, mereka dapat menggunakan saldo PayPal untuk membayar secara online.

manfaat paypal
Paypal sendiri mempunyai beberapa kelebihan dan manfaat. Berikut adalah manfaat dari paypal tersebut:
1.         Bayar pembelian online Anda secara aman
Berbelanja secara aman di eBay dan ribuan toko online. Bila Anda membayar dengan PayPal, kami tidak mengungkapkan informasi keuangan Anda.
2.         Kirim uang dengan cepat dan mudah
Bayar pembelian dan kirim uang dari 190 negara dan wilayah. Anda hanya memerlukan alamat email penerima. Penerima tidak memerlukan rekening PayPal – mereka dapat mendaftar saat menerima pembayaran Anda.
3.         Diterima di seluruh dunia
PayPal diterima oleh ribuan bisnis di seluruh dunia dan merupakan metode pembayaran yang lebih disukai
4.         Mudah untuk mendaftar, mudah digunakan
Pendaftaran untuk memperoleh rekening PayPal mudah dilakukan – hanya diperlukan waktu beberapa menit. Setelah mendaftar, Anda dapat mengirim pembayaran dalam hitungan menit.

Liberty reserve
Liberty Reserve adalah sistem pembayaran online dan penyedia jasa penukaran emas digital (LR-gold). Liberty Reserve adalah perusahaan inkorporasi yang berkedudukan di Kosta Rika yang memulai usaha penggantian mata uang USD dengan mata uang digital mereka (LR-USD) pada tahun 2002. Adapun mata uang emas digital mereka baru dirilis pada tahun 2005. Liberty Reserve adalah anggota dari Global Digital Currency Association (GDCA), sebuah lembaga swadaya yang memegang peranan penting dalam industri tersebut.

Kelebihan Liberty Reserve sebagai alat pembayaran online produk digital dibandingkan dengan bentuk tunai adalah setelah Sobat bertransaksi menggunakan Liberty Reserve saat itu juga Sobat langsung menerima produk yang ingin Sobat beli.
Alertpay
Alertpay adalah suatau layanan jasa pembayaran dan pengiriman uang melalui internet atau secara online dengan aman dan cepat. Jadi dengan Alertpay kamu dapat menarik semua gaji yang kamu miliki di bisnis online, bahkan anda dapat menarik ke egold ataupun langsung ke rekening bank local anda sperti BNI ataupun bank lain.

Jika kamu telah melakukan transaksi maka pihak Alertpay akan mengirimkan kepada keduanya yaitu anda dan orang yang bertransaksi dengan anda e-mail konfirmasi sebagai tanda bukti pembayaran.

Tidak hanya itu Alertpay menjamin kerahasiaan informasi pribadi anda, sehingga siapapun tidak akan dapat mengakses informasimu sehingga anda akan selalu aman setiap melakukan transaksi online karena Alertpay menggunakan system keamanan dengan teknologi called Secure Socket Layer (128 bit SSL) sehingga pada saat transaksi tidak ada yang dapat membaca informasimu, sehingga uang anda akan selalu aman dari heackher yang nakal.

Jenis rekening yang di tawarkan oleh Alertpay:

* Personal Account : merupakan rekening yang memberi kesempatan kepada anda untuk mengirim atau menerima uang dari teman atau keluarga serta dapat melakukan pembelian secara online. Rekening jenis ini mempunyai batasan maksimal dalam sebulan adalah $400 sehingga dalam setahun secara komulatif adalah $2000

* Premium Account : merupakan rekening yang tidak memberikan batas maksimal transaksi sehingga anda dapat transaksi berapa aja yang anda inginkan, RekeningTanggung-Jawab ini direkomendasikan untuk para penjual yang aktif atau yang melakukan bisnis online tapi setiap transaksi anda di kenakan biaya 2.5% $ 0.25 pertransaksi. Untuk bisnis online cukup dengan jenis ini.

* Secured Account : untuk jenis rekening ini pada dasarnya sama aja tapi biasanya ini untuk bisnis multi level.

dan saat ini verified member sudah lebih mudah,yaitu comfirm nomor telepon (hp) si penguna


Perbandingan Paypal, Alertpay, dan Liberty Reserve
Fungsinya sebagai alat pembayaran yang dilakukan melalui internet secara aman dan cepat dalam menerima dan mengirim uang digital. Namun beda vendor tentu akan beda fasilitas.

Liberty Reserve

Liberty Reserve menawarkan sistem keamanan yang lebih ketat dibanding AlertPay dan PayPal. Liberty Reserve mempunyai sistem pengamanan lima lapis yaitu anda diminta untuk memasukkan account number (bukan user id), password dan login pin, dan master key. Kemudian anda juga harus mengkonfirmasi bahwa tampilan ucapan selamat datang sama dengan yang anda buat ketika mendaftar.

Hal ini berfungsi untuk meyakinkan bahwa anda tidak nyasar ke halaman phishing. Selanjutnya pada langkah ketiga anda diberi dua pilihan yaitu langsung bertransaksi tanpa “benar-benar login” atau melanjutkan kembali mengakses main account.

Jika anda pilih opsi yang kedua, maka anda akan berhadapan sekali lagi dengan langkah terakhir dimana harus memasukkan 4-5 digit PIN yang telah dibuat sebelumnya. Liberty Reserve juga menawarkan produk Private Payment Option. Ketika melakukan pembayaran ke account lain disediakan pilihan untuk menyembunyikan account number pengirim terhadap penerima.

Awal bulan Februari 2009 Liberty Reserve mengeluarkan produk add-ons untuk Firefox yang berfugsi melindungi pengguna dari phishing atau fake site. Cara kerja Add-ons ini ketika anda memasuki halaman Liberty Reserve, di web browser bar paling bawah akan terlihat tulisan Liberty Reserve untuk menandakan bahwa anda sedang berada di website yang benar. Tapi kalau anda salah memasukan web address (URL), maka di bar tadi akan muncul gambar tengkorak. Add-ons ini bisa anda donwload dapatkan melalui Liberty Guard toolbar 1.32.

PayPal

Sedangkan PayPal lebih menawarkan fasilitas dalam bertransaksi. Beberapa produknya yaitu Student Account, PayPal Shipping, Balance Manager, dan PayPal Mobile. PayPal student accounts dirancang untuk anda yang masih berusia 13 tahun atau lebih.

Jika sebelumnya pengaktifan akun paypal hanya bisa dilakukan dengan credit card, sekarang dapat diklakukan dengan nomor rekening anda (disarankan anda memilih cara ini).Nah, yang perlu diwaspadai adalah jangan pernah menggunakan VCC (virtual credit card), kenapa?

AlertPay

Tapi jangan khawatir ada AlertPay yang memberikan tawaran yang berbeda dibanding PayPal yaitu untuk proses pengaktifan account bisa dilakukan hanya dengan mengirimkan rekening pembayaran seperti rekening listrik, rekening telepon, atau tagihan credit card dan photo identification seperti KTP, SIM, passport atau kartu kesehatan.

Jika anda tidak mempunyai rekening atas nama pribadi maka sejak september 2008 yang lalu AlertPay memberi kemudahan bersyarat: rekening yang di-submit-kan paling lama adalah 6 bulan yang lalu dan atas nama keluarga, tentunya dengan alamat tempat tinggal yang tertera sesuai dengan kartu identitas ter-input.

Atau bisa juga dengan merubah sistem pembayaran handphone anda, jika saat ini menggunakan layanan prabayar maka segera ganti menjadi pascabayar yang nantinya tagihan pemakaian telepon dikirim ke rumah.

AlertPay memperbolehkan setiap usernya untuk memasukan maksimum 15 rekening bank per negara hingga 30 rekening bank melalui AlertPay profile. Kalau anda memasukan rekening bank di Canada/US maka diperlukan autorisasi dan proses konfirmasi. Beberapa negara-negara di Asia yang sudah bisa menggunakan AlertPay untuk bertransaksi diantaranya Indonesia, Hongkong, Jepang, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Keterangan di atas adalah gambaran umum mengenai kelebihan dan kekurangan, serta fasilitas yang diberikan oleh masing-masing vendor. Nah, berdasarkan pengalaman pribadi saya yang telah mempunyai ketiga akun tersebut. Saya dapat menyarankan pada anda untuk memilih Liberty Reserve atau Alertpay ketimbang paypal.

Karena menurut saya liberty reserve adalah pilihan terbaik bagi pemula yang ingin berkecimpung di dunia bisnis online, selain cara verifikasi akunnya mudah, dia juga punya sistem keamanan yang berlipat ganda. Atau anda boleh coba Alertpay, karena cara verifikasinya yang cukup mudah yaitu dengan nomor HP saja. sedangkan paypal memang punya cukup banyak penggemar di dunia. Tapi, cenderung terlalu protektif, salah sedikit saja akun kita bisa terkena limited access dan cara pemulihannya pun cukup ruwet dan melelahkan.




Komentar

  1. nice info thx u :)

    BalasHapus
  2. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi baru pengisian BBM

Setelah lama vakum akhirnya ane punya waktu juga untuk mengurus blog..hehehe . Hmmm akhir akhir ini isu yang sedang marak dibicarakan orang adalah mengenai isu kenaikan BBM yang pastinya meresahkan bagi mayoritas rakyat kita. Tapi disamping isu kenaikan BBM tersebut, diam diam PT Pertamina saat ini sedang merencanakan untuk mengaplikasikan teknologo baru pengisian BBM, jadi nantinya kita mengisi BBM akan menggunakan smart card dengan sistem kuota, lebih jelasnya kita baca uraian dibawah yuk..     PT Pertamina menjelaskan tahap penggunaan Sistem Monitoring Pengendalian (SMP) Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi lewat teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Terdapat dua fase untuk melancarkan penetrasi pengendalian BBM subsidi. Fase pertama adalah monitoring untuk seluruh data transaksi baik itu penjualan dan pembelian BBM subsidi dikumpulkan sebagai informasi yang valid, akurat, dan memiliki akutabilitas tinggi. Pada fase ini pengendalian konsumsi BBM subsidi su

Download alamat dan kode KPP Pratama seluruh Indonesia ( Excel ) 2016

     Selamat siang sobat, pernah kah anda dipusingkan saat ingin membuat SPT Masa atau SPT Tahunan namun saudara tidak mengetahui kode KPP dimana lokasi usaha saudara berada ? atau ketika saudara ingin mengirimkan SPT via pos namun saudara tidak mengetahui alamat KPP tersebut ? Saya sendiri sering mengalami hal tersebut mengingat klien saya tersebar di seluruh pulau yang mana cukup membingungkan ketika saya handle cabang dari perusahaan A dimana lokasinya berada di wilayah kerja saya, namun induk dari perusahaan A tersebut berada di luar wilayah saya sehingga otomatis saya tidak memiliki data dimana KPP tempat perusahaan induk ini terdaftar     Disini saya ingin share alamat serta kode KPP Pratama seluruh Indonesia dalam bentuk file excel, yang dapat saudara download melalui link ini Download alamat dan kode KPP Pratama seluruh Indonesia link tersebut akan aktif sampai dengan tanggal 14 April 2016 ( saya hanya punya akun gratisan ) sehingga silahkan kabari saya apabila link dow

Fakta dan Kronologis Kasus Century

Fakta Baru Century 1    Fakta baru Century 2 Fakta baru Century 3      Fakta baru Century 4 Anda tentu masih begitu ingat dengan kasus Bank Century yang mulai terkuak pada 2008. Bergulirnya kasus Bank Century berawal dari berhembusnya kabar dana suntikan negara yang mencapai jumlah fantastis, yaitu 6,7 triliun rupiah. Kabar dana bail out Bank Century yang mencapai angka triliunan itu tentu membuat kuping rakyat memanas. Kasus Bank Century dimulai dengan jatuhnya bank ini akibat penyalahgunaan dana nasabah yang digerakkan oleh pemilik Bank Century beserta keluarganya. Mencuatnya kasus Bank Century menjadi sangat menarik ketika mengetahui kelanjutan jatuhnya bank ini. Tidak salah lagi, respons pemerintah begitu luar biasa hingga bersedia melakukan bail out melalui pengucuran dana triliunan rupiah. Menurut Sri Mulyani, Menteri Keuangan kala itu, bail out dana C